biologikuindah

Just another WordPress.com site

Belajar hidup bersih sejak dini April 22, 2012

Filed under: Uncategorized — liasavitriromdani @ 10:09 am

Membiasakan perilaku hidup bersih merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Sebagai umat muslim pada khususnya sangat menganjurkan umatnya untuk membudayakan hidup bersih. Hal tersebut dapat kita ambil dari hadis Nabi Muhammad SAW. Memang, ada hadits sahih dari Nabi SAW yang mirip dengan kalimat ”Kebersihan Sebagian Dari Iman”. Hadits itu adalah sabda Nabi SAW yang berbunyi,”Ath-thahuuru syatrul iimaan…” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi).Dalam hadis beliau bersabda “ Annazofatulminal iman” bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maksud dari hadis ini yaitu jika kita menjalankan hidup bersih maka itu tandanya sebagian dari iman kita telah terpenuhi atau telah terisi karena perilaku hidup bersih.

Perilaku hidup bersih hendaknya ditanamkan sejak dini. Anak – anak sudah mulai harus diajarkan untuk bagaimana hidup bersih itu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membiasakan mereka utuk membuang sampah pada tempatnya, mebiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah buang air besar, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menjaga kebersiahan pakaian, dapat menjaga kebersihan lingkungan tempat ia berada. Karena sesungguhnya menjaga kebersihan itu lebih sulit dibandingkan dengan membersihkan. Menjaga kebersihan mengandung makna bahwa bagaimana kita mempertahankan suatu kondisi lingkungan yang bersih agar tetap bersih dan tidak tercemar oleh sesuatu yang dapat mengurangi kebersihan tersebut. Dari kata mempertahankan itulah yang menimbulkan sikap yang harus diambil seseorang dalam menjaga kebersihan lingkungan hidupnya. Sedangkan jika membersihkan itu mengandung makna bahwa kita melakukan kegiatan utuk menciptakan linkungan yang bersih yang nyaman untuk ditempati.

Jika setiap orang memiliki kebisaan uuntuk hidup bersih maka kita dapat mengurangi berbagai macam penyakit yang dapat timbul akibat perilaku hidup tidak bersih. Berbagai penyakit yang dapat menyerang manusia karena perilaku hidup yang tidak bersih yaitu seperti diare, panu, dan korengan  . Keadaan seperti ini biasanya menyerang orang –orang yang tinggal pada permukiman kumuh yang padat penduduknya. Hasil survey menunjukkan bahwa orang yang tinggal pada permukiman kumuh lebih rentang terkena penyakit – penyakit seperti itu.

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.